Home / KIES INFO / KIES Aceh Profile

KIES Aceh Profile

slide2

The Australian Corner Aceh/ KIES Aceh was initially introduced and established in 2007. It was a brilliant and an inspiring initiative of Mr. Samsul Bahri Usman who has inspired and given motivation to all the Australian Alumni in Aceh Province after Tsunami hits Aceh in 2004. Samsul has been involved with AusAID Education Team in many of the formal and informal rehabilitation and reconstruction programs around Banda Aceh. He has been a key contact person for AusAID activities in Aceh. His excellent academic performance and his commitment in rebuilding Education sector in Aceh has brought him onto the highest appreciation from his colleagues, Australian and Indonesian government. In 2008, Samsul received an Australian Alumni Awards in the Inspirational Alumni Awards category given by Australian Ambassador for Indonesia, Hon Mr. Bill Farmer. Since then he has been appointed as Australian Government Scholarships Ambassador for Aceh Province.

The Australian Corner Aceh/KIES Aceh major activities are:

  • Providing Academic and General English Language Training
  • Conducting IELTS International Testing
  • Providing IELTS Preparation Training Program
  • Conducting ETS TOEFL International
  • Conducting Teacher Training Program
  • Providing Free Consultation on Study in Australia
  • Promoting Australia Awards (ADS& Endeavour)
  • Bridging Educational institutions between Indonesia and Australia
  • Being an excellent and professional agent for school, universities, and TAFEs in Australia for Indonesia
  • Building Australian Scholarships Alumni Networks

 

Australian Corner Aceh through its activity program- Kangguru International English School (KIES-School) currently trains more than 530  students a year. Over the past 5 years it has established a reputation as the leading language training organization for IELTS Preparation Program in Aceh Province and as International English Language Test Center for Aceh Province. The center conducts IELTS, TOEFL, and TOEIC International test every month. The Australian Corner Aceh employs approximately more than 20 Australian Scholarships for staff and English teachers at the center.

=================================================================================

 Profil Singkat

Kangguru International Education Service (KIESAceh)

 

Sejarah Singkat Pendirian

Provinsi Aceh terletak pada paling ujung dari kepulauan Sumatra di Negara Indonesia. Daerah ini menjadi pusat perhatian dunia pada akhir Desember tahun 2004 yang lalu akibat dari bencana maha dahsyat tsunami yang menelan korban lebih dari ratusan penduduk di Aceh dan juga mengakibatkan kerusakan wilayah dan infrastruktur yang paling parah.

Jauh sebelum bencana alam menghantam daerah Aceh, wilayah ini dulunya juga menyimpan cerita kesedihan akibat perseteruan antara pemerintah pusat Republik Indonesia dengan para gerilyawan dari Aceh yang menuntut kemerdekaan. Akibat dari perseteruan ini, pemerintah menjawabnya dengan mengirimkan ratusan tentara dan pemberlakuan status militer dari DOM (Daerah Operasi Militer) dan darurat militer. Hasilnya, konflik dan pertentangan semakin berlarut larut dan dampaknya, masyarakat tidak bisa beraktifitas dengan baik. Akses dan sumber kebutuhan penduduk pun dibatasi. Kondisi ini mengakibatkan daerah ini semakin jauh tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

Dan, bencana tsunami yang terjadi pada periode akhir Desember 2004 lalu adalah puncak dari segala permasalahan yang membelit wilayah ini. Tak bisa dipungkiri, bencana maha dahsyat ini telah membuka mata dunia dan beramai-ramailah orang menfokuskan upaya pemulihan dan pembangunan untuk wilayah Aceh. Salah satunya adalah upaya perdamaian yang difasilitasi oleh negara-negara luar. Maka dimulailah gerakan yang dinamakan rehabilitasi dan rekontruksi Aceh kearah perbaikan dan kemajuan diberbagai bidang, salah satunya adalah PENDIDIKAN

Seiring dengan kemajuan dan pesatnya perkembangan zaman, perlu ada tindakan fokus dan komprehensif yang harus dilakukan sehingga muncul ide untuk menciptakan wadah yang dapat melaksanakan cita-cita peningkatan sumberdaya manusia di Provinsi Aceh. Pada bulan Maret 2007 didirikan sebuah wadah yaitu:Australian Corner Aceh/Kangguru International Education Service atau disingkat KIES-ACEH. Lembaga ini bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan pihak universitas dan institusi pendidikan di Negara Australia. Lembaga ini menjadi pusat kegiatan yang dapat menfasilitasi para pelajar dan mahasiswa di Aceh yang berkeinginan untuk melanjutkan study mereka ke tingkat yang lebih tinggi; S1, S2, & S3 di Negara Australia, New Zealand, USA, Canada, Inggris, dan Negara eropa lainnya.

 

Scroll To Top